Triks Perkalian 9


Hallo EGier,

Semoga kabar baik ya, tidak sakit juga tidak sedang galau. Pokoknya yang asyik-asyik saja deh semoga.

Emakguru mau bernostalgia sebentar nih ke jaman dulu. Ceritanya waktu dulu emakguru SD, setiap kali bel masuk pasti berebutan berbaris di depan kelas. Ketua kelas memberi aba-aba agar barisan rapi kemudian lanjut baca doa sebelum belajar. Nah setelah selesai membaca doa inilah waktu yang mendebarkan.

Why?

Karena siap-siap diberi soal perkalian oleh guru, bagi yang menjawab benar maka bisa masuk kelas. Kalau tidak bisa? Ya siap-siap mundur ke barisan paling belakang dan menghafal lagi. Terus sampai jawaban benar. Hi, deg-degan pasti.

Untung dulu diajari video Trik Perkalian 9 jari oleh bapak. Mudah tanpa harus menghafal lagi.


EGier mau tahu triknya?

Klik video Trik Perkalian 9 ini ya.

Gampang banget kok, langkahnya adalah :

  1. Buka kedua telapak tangan menghadap ke badan kita sendiri (telapak tangan menghadap badan sendiri)
  2. Mulai dari jempol kiri telapak tangan kiri berurutan sampai jempol telapak tangan kanan kita hitung 1 - 10 
  3. Di angka pengali yang dimaksud jari kita lipat/tekuk
  4. Banyak jari di kiri lipatan menunjukkan jumlah puluhan sementara banyak jari di kanan lipatan menunjukkan satuan.
  5. Gabungkan puluhan dan satuan, itulah jawaban hasil perkalian 9 yang dimaksud. 

Sebagai contoh, 3 x 9 berarti langkahnya :

  1. Hitung mulai dari jempol kiri (1 di jempol,  2 di telunjuk, 3 di jari tengah. Berhenti)
  2. Lipat jari tengah telapak kiri
  3. Dua jari di kiri jari tengah (yang dilipat) artinya 20
  4. Ada tujuh jari di kiri jari tengah (yang dilipat) artinya 7
  5. Jadi 3 x 9 = 27

Bagaimana? Mudah kan?

Selamat bersuka ria menemukan hasil perkalian 9 dengan trik mudah ini.

See you again, salam berbagi ilmu
Restanti
Admin emakguru

Related Posts

14 komentar

  1. Aku pakai ini juga dulu Mbak...kwkwkw , diajari Ibuku. Kok jadi ingat aku belum ngajari anakku. Matematika memang bisa dibuat menyenangkan dengan cara ini diantaranya. Triks perkalian 9...wah gampil ternyata dulu ya:)

    BalasHapus
  2. Makasih banyak sharingnya. Perkalian 9 itu menurutku salah satu perkalian yang mudah diingat apalagi jika pake trik ini ya.

    BalasHapus
  3. Auto nyobain saya hehhe.
    Boleh diajarin nih ke anak.
    Terima kasih sharing bermanfaatnya emakguru

    BalasHapus
  4. Ini termasuk metode jarimatika juga ya mba? Ternyata kalau dah tau triknya gampang ya

    BalasHapus
  5. Mengajarkan Matematika itu emang harus menyenangkan ya Mbak jd siswa-siswi gak bosen apalagi takut. Tfs Emakguru

    BalasHapus
  6. langsung nyoba saya ternyata benee mudah bnget haha knaoa baru tau sekrg ya..keren seh..

    BalasHapus
  7. Emakguri bisa jadi rujukan para murid nih kalau mau belajar, langsung kepoin blognya emakguru aja. Aku belum pernah sih pakai trik yg mba tulis. Tapi bisa jadi rujukan nih buat keponakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emakguru maksudku..maaf mba. Suka banyak thyphoo

      Hapus
  8. Sama. Saya pakai ini ketika SD dulu. Ada lagi trik hitung jumlah hari dalam 1 bulan menggunakan persendian jari tangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di emakguru ada juga lho, https://www.emakguru.com/2020/01/cara-cepat-tahu-jumlah-hari-tiap-bulan.html?m=1

      Hapus
  9. Ih, kenapa dulu aku gak tahu trik ini yaaa? Waduh mainku kurang jauh atau akunya yang kudet yaaa.... Hahahaha...

    BalasHapus
  10. Saya tahu trik ini sejak SD kelas berapa ya dulu itu. Lupa euy. Dan masih kepake dong sampai sekarang. Hahaha. Sudah saya ajarkan juga ke anak sulung saya yang sekarang baru aja naik kelas 3 SD.

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai cara kayak gini. Waktu itu sudah SMP sich baru dikasih tau guru cara ini. Yang jelas diluar jam pelajaran

    BalasHapus
  12. samaan nih haha aku juga dulu pake cara iniii pas kecil. sekarang ngajarin ke adek-adek juga cara inii hihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter