Langsung ke konten utama

Postingan

Matematika Kelas 5 : Rumus Kecepatan Menyusul

Matematika kelas 5 tentang rumus kecepatan menyusul
Salah satu materi matematika kelas 5 adalah tentang kecepatan. Kecepatan sendiri adalah jarak yang mampu ditempuh dalam satuan waktu tertentu. Tentu EGier sering mendengar atau bahkan mengucapkan kata kecepatan, bukan? Jadi dapat disimpulkan bahwa mempelajari tentang kecepatan adalah sesuatu yang memang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kecepatan berkaitan dengan perpindahan suatu benda. Kecepatan seseorang berjalan artinya seberapa jauh ia mampu berjalan dalam kurun waktu tertentu.
Contoh :
Lima langkah per detik, misalnya. Artinya seseorang dapat berpindah sejauh 5 langkah dalam waktu sedetik.Kecepatan motor 40km/jam, artinya motor mampu bergerak sejauh 40 km dalam waktu sejam.Angin berhembus dengan kecepatan 50 km/detik, artinya angin bergerak dengan jarak 40 km setiap detiknya. Unsur kecepatan adalah jarak dan waktu. Sehingga rumus kecepatan adalah : Apa yang dimaksud kecepatan menyusul?  Sebelum memberikan penjelasan, ada b…
Postingan terbaru

Matematika? Siapa takut!

Matematika dianggap ilmu atau pelajaran yang sulit? Benarkah? 
Bagaimana menurut EGier? Benarkah matematika adalah salah satu ilmu yang sulit dipelajari? Sulit dipahami atau dimengerti? Jadi alasan kabur dari kelas saat guru matematika masuk kelas? Atau bahkan matematika adalah sebuah momok yang harus dihindari?
Coba simak sejenak di sekeliling kita atau bahkan apa yang ada pada diri masing-masing. Mulai dari ujung rambut hingga kuku kaki adakah yang tak berkaitan dengan angka?
Berapa panjang rambutmu? Mau dipotong seberapa pendek? Berapa kali keramas dalam sepekan? Bedaknya nomor berapa?  Lingkar kepalanya berapa cm?  Lebar dadanya berapa? Mengapa bajuku sudah sesak ya? Telapak kakinya ukuran berapa?

Ada yang mau menambahkan? Pengalaman pribadi secara mandiri mungkin atau bisik-bisik punya tetangga juga boleh.
Nah, nah. Banyak ya ternyata yang berkaitan dengan angka, dan angka identik dengan matematika. Setelah melihat matematika dulu maka komisi pernah-pernihh jauh,.
Jadi masih bil…

Mudahnya Membandingkan Dua Pecahan Berpenyebut Beda

Membandingkan dua pecahan berpenyebut beda?
Hi EGier, Enggak lagi pusing mikirin kenaikan harga-harga barang di pasar kan ya? Jangan diambil pusing deh, apalagi yang jatah uang bulanannya tidak ikutan naik. Mesti sabar dan pinter-pinter membandingkan mana-mana yang wajib dibeli dan mana yang bisa ditunda ya.
Membandingkan, hem apa ya maksudnya? Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti memadukan (menyamakan) dua hal untuk mengetahui persamaan atau selisihnya.
Nah, lantas membandingkan dua pecahan berpenyebut beda itu apa?
Pecahan berpenyebut beda. Tentu EGier sudah tahu maksud pecahan bukan
Berpenyebut beda maksudnya adalah dua pecahan dengan besar pembagi yang berbeda. Misal 2/3 dengan 4/5, untuk pecahan pertama 2/3 memiliki pembagi (penyebut) 3 sementara 4/5 angka 5 sebagai pembaginya.
Bagaimana cara membandingkannya? Sangat mudah jika menggunakan trik berikut,


1. Kalikan silang Penyebut pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua dan penyebut pecahan kedua dengan pembil…

Emakguru Bicara Tentang Ilmu Pengetahuan

Emakguru bicara tentang ilmu pengetahuan? Jelas dong!
Beneran? Iya, benar dan yakin kok emakguru bicara tentang ilmu pengetahuan. Why? PD amat Mak? Bukan, bukan percaya diri sebenarnya, bukan pula merasa sok lebih tahu dari yang lain. Hanya saja admin emakguru ini, si mbak cantik Restanti memang punya basic pendidikan di dunia keguruan, pernah jadi mahasiswi dan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan PGRI Nganjuk. So?
Ya, yuk kenalan saja dengan mbak admin emakguru ini. Sosok yang kini sudah berbuntut dua alias sudah jadi ibu dari dua putranya, Hanin dan Faruq ini memang sejak kecil punya cita-cita jadi guru. Klasik ya, seperti anak SD dulu pada umumnya jika ditanya tentang cita-cita mayoritas jawabannya kalau tidak dokter, polisi, pilot, ya pasti guru. Tapi beda dengan mbak admin ini, dia ingin jadi guru matematika. Wow, spesial kan? Saat anak-anak lain malas jumpa pelajaran yang konon jadi momok ini, justru si mbak admin emakguru junior dulu tergila-gila dengan matematika, jatuh cint…

Triks Perkalian 9

Hallo EGier,
Semoga kabar baik ya, tidak sakit juga tidak sedang galau. Pokoknya yang asyik-asyik saja deh semoga.
Emakguru mau bernostalgia sebentar nih ke jaman dulu. Ceritanya waktu dulu emakguru SD, setiap kali bel masuk pasti berebutan berbaris di depan kelas. Ketua kelas memberi aba-aba agar barisan rapi kemudian lanjut baca doa sebelum belajar. Nah setelah selesai membaca doa inilah waktu yang mendebarkan.
Why?
Karena siap-siap diberi soal perkalian oleh guru, bagi yang menjawab benar maka bisa masuk kelas. Kalau tidak bisa? Ya siap-siap mundur ke barisan paling belakang dan menghafal lagi. Terus sampai jawaban benar. Hi, deg-degan pasti.
Untung dulu diajari video Trik Perkalian 9 jari oleh bapak. Mudah tanpa harus menghafal lagi.

EGier mau tahu triknya?
Klik video Trik Perkalian 9 ini ya.
Gampang banget kok, langkahnya adalah :
Buka kedua telapak tangan menghadap ke badan kita sendiri (telapak tangan menghadap badan sendiri)Mulai dari jempol kiri telapak tangan kiri berurutan …

Cara Cepat Tahu Jumlah Hari Tiap Bulan

Hai hai EGier, Sudah belajar ilmu apa hari ini? Pasti menyenangkan sekali ya dapat ilmu baru, apalagi di hari Rabu yang menggebu ini.
Ehm, ngomong hari Rabu jadi ingat tanggal. Hari ini sudah tanggal 22 Januari ya? Wah sebentar lagi masuk bulan Pebruari 2020. Uh, senangnya. EGier tahu enggak kenapa emakguru happy? Ada apa dengan bulan Pebruari 2020 nanti? 
Haha, ih EGier yang diingat Valdays saja ya. Ehm tapi iya sih, memang Valdays ada di bulan depan tapi emakguru kali ini bukan mau bahas itu sih tapi tentang jumlah hari di bulan Pebruari 2020 nanti.
Ada apa coba?  Yup! Pinter, tahun kabisat. Tahun 2020 ini adalah tahun kabisat dimana dalam setahun berjumlah 366 hari. Spesial bulan Pebruari berjumlah 29 hari. Nah, keren kan?
Memang sebelumnya berapa hari? Ada yang tahu?
Eit, jangan-jangan ada yang belum hapal jumlah hari tiap bulannya ya? Mau emakguru bocorin cara cepat tahu jumlah hari tiap bulan?
Klik dan simak video cara cepat tahu jumlah hari tiap bulan ini ya...


Cara cepat tahu…

Siapa Sih Emakguru Itu?

Hi EGier, Salam kenal ya dari emakguru. EGier masih bertanya-tanya ya siapa sih emakguru ini? 
Baiklah kali ini kenalan, say hello dulu saja ya? Blog ini adalah rangkain dari akun instagram ig emakguru dan channel youtube emakguru dengan judul/nama sama yaitu 'emakguru' yang bertujuan berbagi ilmu pengetahuan. Awalnya memang ditujukan untuk emak-emak (baca : ibu-ibu) yang mengajari/menemani putra-putrinya belajar. Namun demikian seiring berlalunya waktu tak menutup siapa pun berkunjung atau ikut berpartisipasi di sini.
Jadi, blog ini khusus emak?  Tidak juga. Umum untuk siapa pun yang peduli ilmu pengetahuan, tidak harus emak kan? 
Lantas apa untungnya join (follow) blog emakguru ini? Banyak dong, selain dapat tambahan ilmu pengetahuan, tips dan trik tentang berbagai bidang, tentunya juga memperluas jalinan persaudaraan. Benar?
Ehm, maksud ilmu pengetahuan di sini apa ya? Kalau berdasar definisi di KBBI :

ilmu pengetahuan adalah gabungan berbagai pengetahuan yang disusun seca…